Translate into :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Ho Chi Minh City, Vietnam

Ho Chi Minh City

Ho Chi Minh City atau biasa disingkat dengan HCMC merupakan kota terbesar di Vietnam. Luas areanya sekitar 2.000 km persegi dengan populasi penduduk -+ 7 juta jiwa. Terletak di bagian selatan Vietnam dekat Sungai Mekong. Dulunya bernama Saigon dan setelah bersatunya Vietnam Utara dan Vietnam Selatan pada tahun 1976 baru dinamakan HCMC untuk mengenang dan menghormati pahlawan yang selalu ada di hati setiap rakyat Vietnam, Ho Chi Minh.
Walaupun secara resmi dinamakan kota HCM namun dalam keseharian mereka masyarakat Vietnam hingga saat ini masih suka menggunakan nama Saigon.

Secara umum HCMC agak maju dibandingkan ibukotanya Hanoi. Jalanan juga lebih bersih dari ibukotanya, bahkan ibukota Jakarta. Pusat kota terletak di tepi Sungai Saigon yang bersih dari sampah dan limbah plastik. Hal inilah yang menjadi daya tarik bagi para investor sehingga merekapun datang ke HCMC untuk mengadakan investasi yang salah satunya memanfaatkan Sungai Saigon sebagai objek wisata (Dinner Cruise menyusuri Sungai sambil menikmati pemandangan HCMC di malam hari).
Kalau orang umumnya mengenal kota Beijing sebagai kota sepeda maka HCMC dikenal sebagai kotanya sepeda motor. Populasi sepeda motornya melebihi mobil sehingga jalanan terlihat semrawut oleh lalu lalangnya sepeda motor.
Perhatian: Hati-hati menyeberangi jalan karena pengendara sepeda motor tidak akan mengalah sekalipun kita adalah turis dan malah mereka akan lebih galak dari pejalan kaki!
Pengemudi bus umum sangat taat dengan peraturan yakni kecepatan mobil tidak boleh melebihi 40 km/jam (dalam kota) dan 50 km/jam (luar kota). Hal ini kami buktikan sewaktu berangkat dari HCMC menuju luar kota arah Cu Chi Tunnel di mana supir bus tetap melaju pada kecepatan di bawah 50 km/jam sekalipun jalanan di depannya kosong!
Dikatakan bahwa banyak polisi berpakaian preman selalu mengintai laju kendaraan beroda empat. Ternyata ada benarnya. Sewaktu kami melanjutkan perjalanan ke Hanoi, dari kota Hanoi menuju Halong Bay, supir bus kami kena tilang yang katanya melebihi kecepatan padahal kami merasakan sudah sangat pelan.

Temperatur
HCMC memiliki cuaca hampir seperti Indonesia pada umumnya. Suhu rata-rata sekitar 28-30 C.

Zona Waktu
Sama dengan WIB

Nilai Tukar VND (Dong)
USD 1 = VND 18.500 (kurang lebih)

Transportasi
Dari bandara Tan Son Nhat menuju pusat kota hanya sekitar 7 km.
Tips naik taksi:
Selama berada di Vietnam Anda disarankan menggunakan taksi 'Blue Bird'nya Vietnam, yakni Taxi CP telp (08) 38 26 26 26
Kalau rombongan Anda berjumlah 7-8 orang akan lebih irit (patungan) dengan memakai satu taksi saja model Toyota Kijang Innova (di Vietnam dinamakan Innova juga). Karena sekelas standarnya 'Blue Bird' maka otomatis supir akan memakai argometer bukan borongan.
(Karena hampir semua supir taksi tidak mengerti English maka siapkan alamat Anda dengan jelas)



Objek wisata menarik:
Cu Chi Tunnel
War Museum
Notre Dame Cathedral
Central Post Office
Ben Thanh Market
Saigon River Cruise
Keliling Dunia Gratis © 2008 Template by:
SkinCorner
>