Translate into :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Bethlehem, West Bank, Palestine

Bethlehem

Bethlehem (Bahasa Ibrani = Rumah Roti, Arab = Rumah Daging) adalah salah satu kota Palestina yang terletak di daerah Tepi Barat dengan populasi penduduk sekitar 20.000 jiwa dan dengan komunitas Kristen Palestina yang terbesar di Timur Tengah. Betlehem atau Bethlehem mempunyai beberapa nama menurut Alkitab : Efrata (Kej 35:19, Rut 1:2), Betlehem-Yehuda (1Sam 17:12) dan Kota Daud (Luk 2:4).

Dari arti nama Bethlehem atau Rumah Roti, kita dapat mengetahui bahwa dahulu pada jaman Perjanjian Lama, kota Efrata atau Bethlehem atau Kota Daud adalah daerah pertanian yang subur di mana penduduknya mengandalkan gandum sebagai makanan pokok mereka (roti terbuat dari gandum). Hal ini dapat dibuktikan lebih lanjut di dalam kitab Rut 1:1 --> Pada zaman para hakim memerintah ada kelaparan di tanah Israel. Lalu pergilah seorang (Elimelekh) dari Betlehem-Yehuda beserta isterinya (Naomi) dan kedua anaknya laki-laki ke daerah Moab untuk menetap di sana sebagai orang asing. (Moab adalah dataran rendah yang subur, sekarang masuk wilayah Yordania). Dan keluarga Elimelekh ini menetap selama 10 tahun di daerah Moab. Salah satu dari anaknya beristrikan Rut (perempuan Moab). Setelah Elimelekh dan kedua anaknya meninggal, Naomi berkemas hendak pulang kembali ke Betlehem karena dia mendengar bahwa Tuhan telah memperhatikan umat-Nya dan memberikan makanan (menyuburkan tanahnya kembali) kepada mereka. Naomi bersikeras pulang sendirian ke Betlehem dan menyuruh kedua menantunya (Orpa dan Rut) tetap tinggal di tanah kelahiran mereka (Moab) dan segera mencari suami supaya mendapatkan keturunan. Namun Rut memaksa dengan berkata kepada mertuanya: "Janganlah desak aku meninggalkan engkau...sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi...bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku" (Rut 1:16).

Rut pun mengikuti mertuanya, Naomi, kembali ke Betlehem dan mendapatkan suami bernama Boas yang adalah saudara dari pihak suaminya Naomi, kaum Elimelekh, pemilik ladang gandum. Anak Rut bernama Obed. Dialah ayah Isai, ayah Daud (Rut 4:17). Dan dari garis keturunan Daud-lah lahir Mesias, Juru Selamat dunia, Yesus Kristus.

Kota Betlehem menjadi sangat penting bagi umat Kristen di seluruh dunia karena di kota inilah telah terjadi beberapa peristiwa besar bersejarah dan akan selalu dikenang sepanjang masa, yakni :
  • Kota kelahiran Daud (raja Israel kedua setelah raja Saul)
  • Kota tempat Daud diurapi menjadi Raja Israel atas perintah Tuhan (1 Sam 16:4-13)
  • Kota kelahiran Yesus Kristus
Kelahiran Yesus Kristus telah dinubuatkan sejak lama bahkan ribuan tahun sebelum Sang Juru Selamat lahir, yakni pada zaman Nabi Musa (1.500 SM) dan Nabi-nabi sesudah Musa. Nubuatan ini dapat ditemukan pada kitab :
Ul 18:9-22 --> Apabila engkau sudah masuk ke negeri yang diberikan kepadamu oleh Tuhan, Allahmu, maka janganlah engkau berlaku kekejian, janganlah menjadi seorang peramal, penyihir, pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati...seorang nabi akan Kubangkitkan bagi mereka dari antara saudara mereka...Aku akan menaruh firman-Ku dalam mulutnya, dan ia akan mengatakan kepada mereka segala yang Kuperintahkan kepadanya (baca selengkapnya...Ul 18:9-22).

Yesaya 7:14 (800 SM) --> ...seorang perempuan muda (perawan Maria) mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Immanuel (Allah beserta kita)

Yesaya 9:5 --> Sebab seorang anak telah lahir untuk kita...dan namanya disebutkan orang: Penasehat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.
Dan masih banyak kitab-kitab lainnya...



Objek wisata ziarah lainnya :
Church of Nativity (Gereja kelahiran Yesus Kristus)
  
Keliling Dunia Gratis © 2008 Template by:
SkinCorner
>