Translate into :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Mount Nebo, Jordan

Mount Nebo

Gunung Nebo (bahasa Aramaic = Nebi) disebut sebagai puncak Nabi Musa. Terletak di daerah pegunungan Moab yang secara geografis masuk sebagai bagian dari kerajaan Yordania. Dalam Alkitab, kerajaan Yordania dahulu dibagi menjadi tiga bagian kerajaan yakni kerajaan Amon (asal nama ibukota Amman) di bagian utara, kerajaan Moab di bagian tengah yang merupakan dataran rendah yang subur hingga saat ini dan kerajaan Edom di bagian selatan yang merupakan pegunungan tandus (di mana lokasi kota tua Petra berada).
Puncak Nebo (Nebi Musa) terletak pada ketinggian sekitar 800 mdpl dan berada paling dekat dengan kota Jericho (27 km ke arah barat) yang dapat dicapai melalui perbatasan Allenby Bridge.

Menurut Alkitab, Nabi Musa hanya diijinkan oleh Tuhan memandangi tanah perjanjian dari atas puncak gunung Nebo namun tidak diperbolehkan memasukinya. Demikian firman Tuhan :

Ul 32:49 -->  "Naiklah ke atas pegunungan Abarim, ke atas gunung Nebo, yang di tanah Moab, di tentangan Yerikho, dan pandanglah tanah Kanaan yang Kuberikan kepada orang Israel menjadi miliknya.
Ul 32:50 --> kemudian engkau akan mati di atas gunung yang kau naiki itu, supaya engkau dikumpulkan kepada kaum leluhurmu, sama seperti Harun, kakakmu, sudah meninggal di gunung Hor dan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya
Ul 32:51 --> oleh sebab kamu telah berubah setia terhadap Aku di tengah-tengah orang Israel, dekat mata air Meriba di Kadesh di padang gurun Zin, dan oleh sebab kamu tidak menghormati kekudusanKu di tengah-tengah orang Israel
Ul 32:52 --> Engkau boleh melihat negeri itu terbentang di depanmu, tetapi tidak boleh masuk ke sana, ke negeri yang Kuberikan kepada orang Israel.

Maka di atas salah satu puncak pegunungan di dataran Moab itu dibangunlah tugu peringatan Nabi Musa lengkap dengan tongkat Musa yang dililit oleh seekor ular (foto bawah).
Tongkat Musa

Dari puncak gunung inilah Nabi Musa dapat melihat dengan jelas tanah perjanjian yang meliputi Betlehem, Jerusalem, Danau Tiberias dan Jericho (foto bawah)...
Puncak Nebo



Objek ziarah yang lain :
Petra
Keliling Dunia Gratis © 2008 Template by:
SkinCorner
>