Translate into :

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Shangri-La (Zhongdian), Yunnan Province

Shangrila China


Kota Zhongdian berganti nama menjadi Shangri-La mulai tahun 2001. Keputusan pemerintah daerah mengganti nama semata-mata karena alasan komersial (pariwisata). Nama baru Shangri-La dipakai berdasarkan novel fiksi terkenal yang berjudul 'Lost Horizon' karangan James Hilton tahun 1933.
Di dalam novel tersebut diceritakan bahwa terdapat satu kota di mana penduduknya hidup makmur dan harmonis dengan alam sekitarnya yang sangat mempesona. Dan nama Shangri-La dipakai oleh sang pengarang karena konotasinya dengan 'taman eden' yang melukiskan adanya suatu surga dunia yang tersembunyi dari hiruk pikuk kota. Dikatakan bahwa kota yang dilukiskan dalam novel tersebut terletak di sekitar pegunungan Himalaya. Hal ini menyebabkan kota-kota yang berada di daerah sekitar Himalaya seperti Tibet, India dan bahkan beberapa kota di propinsi Sichuan mengklaim bahwa kota merekalah yang disebut-sebut sebagai Shangri-La.

Kota Shangri-La terletak di ketinggian 3000 m di atas permukaan laut. Walaupun kondisi cuacanya tidak seekstrim Tibet (4.000 m) namun bagi para pelancong juga disarankan agar mempersiapkan diri sebelum keberangkatan menuju Shangri-La. Kekurangan oksigen dapat menjadi masalah bagi sebagian orang yang tidak dalam kondisi fit sehingga akan memperlambat perjalanan tour Anda. Setiap hotel rata-rata mempunyai ruangan khusus untuk menghirup oksigen murni (langsung dari tabungnya) dan bagi yang merasa sehat tapi untuk berjaga-jaga, dapat membeli dalam kemasan tabung kecil yang terdapat di dalam kamar hotel atau di toko-toko terdekat.

Secara umum lanskap kota Shangri-La (foto atas) hampir sama dengan Tibet, dikelilingi oleh pegunungan namun yang membedakan adalah Shangri-La lebih hijau dibanding Tibet yang tandus. Bentuk bangunannya mirip dengan di Tibet karena memang penduduknya mayoritas adalah orang Tibet (Shangri-La berada di propinsi Yunnan yang berbatasan langsung dengan Tibet). Bahkan Anda dapat mengunjungi Istana Potala versi Shangri-La yang dinamakan Songzanlin Temple.


Objek Wisata lainnya :
Pudacuo National Park
Shangri-La Ancient Town
Keliling Dunia Gratis © 2008 Template by:
SkinCorner
>